Info Terbaru 2022

Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan
Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan – Apa yang dimaksud teks ulasan ? sebelum kita pelajari contohnya, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas mengenai contoh teks editorial. Nah, pada kali ini akan membahas mengenai rujukan teks ulasan film, buku, lagu, drama, novel dan puisi beserta pengertian, ciri dan strukturnya. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.


Pengertian Teks Ulasan


 pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas mengenai  Contoh Teks Ulasan
Teks Ulasan

Teks Ulasan ialah merupakan sebuah teks yang berisikan suatu ulasan/penilaian/review terhadap suatu karya (film atau drama). Disaat mengulas sebuah film dan drama kita harus bersikap kritis semoga berkontribusi untuk kemajuan drama dan film ke depannya.


Ciri-ciri Teks Ulasan



  • Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.

  • Memuat informasi menurut pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk .

  • Opininya menurut fakta yang di-interpretasi-kan.

  • Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.


Struktur Teks Ulasan




  1. Orientasi, merupakan suatu cara pengenalan citra umum perihal sebuah karya yang akan di review atau ulas.

  2. Tafsiran,ialah merupakan suatu citra secara detail perihal sebuah karya yang diulas, contohnya: keunikan, keunggulan, kualitas, pecahan karya, dan lainnya.

  3. Evaluasi, merupakan menjadi suatu pandangan dari pengulas terhadap hasil karya yang diulas.

  4. Rangkuman, yaitu kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya.


Contoh Teks Ulasan


simak berikut ini:


1. Contoh Teks Ulasan Film


 pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas mengenai  Contoh Teks Ulasan
Ulasan Film

Informasi Umum


udul : Dilan 1991


Sutradara : Fajar Bustomi


Produser : Ody Mulya Hidayat


Penulis : Pidi Baiq


Distributor : Falcon Pictures


Rilis : Januari 2018


Durasi : 110 menit


Bahasa : Indonesia


Pemain



  1. Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan

  2. Vanesha Prescilla

  3. Yoriko Angeline

  4. Brandon Salim

  5. Zulfa Maharani

  6. Debo Andryos Aryanto

  7. Gusti Rahyan


“Dilan 199” yang banyak dikenal dengan nuansa romantis merupakan sebuah film yang diambil dari buku karangan Pidi Baiq. Film ini disutradarai Fajar Bustomi. Film ini laris pesat dan sukses meraih banyak penonton lebih dari enam juta. Saat bulan januari 990 ditayangkan serentak di bioskop seluruh Indonesia. Mengenai apa yang ungkapkan pada penulis, bahwa film Dilan merupakan kisah kasatmata remaja usia SMA.


Milea sebagai toko perempuan utama merupakan anak pindahan dari Jakarta yang kemudian bersekolah di sekolah yang sama dengan Dilan. Dan Dilan sendiri merupakan seorang anak tentara yang masuk di sebuah geng motor terkenal di Bandung. Saat hendak kesekolah disanalah Mereka berdua bertemu .Disana juga menjadi awal kisah keduanya, Dilan menyapa Milea menggunakan kata-kata ajaib. pada ketika itu Dilan mencoba meramal milea bahwa ia akan bertemu di kantin siang nanti.


Berjalannya waktu, Namun dilan terus menerus melaksanakan pendekatan terhadap Milea. Dan ternyata, Bukan hanya Dilan yang menyuukai milea akan tetapi ada sobat sekelas Milea bernaman Nandan yang dan milea pun. Mengetahui akan hal itu, perlahan-lahan Dilan mulai  menjauhi Milea.


Ketika Dilan tahu bahwa Milea tidak menjalin korelasi dengan Nandan, Dilan kembali mendekati Milea. Hari demi hari mereka lalui bersama dengan indah. Entah itu di sekolah, sepulang sekolah, sampai di rumah keduanya. Pada hasilnya Dilan dan Milea resmi menjalin korelasi atau berpacaran. Dilan mempunyai cara yang unik untuk mengungkapkan perasaannya kepada Milea yaitu dengan menggunakan sebuah buku lengkap dengan materainya. Dibuku itu ada sebuah tulisan, kata-kata perihal dirinya dan Milea yang resmi berpacaran yang dilengkapi dengan tanggalnya.


Sayangnya, film Dilan 1990 ini merupakan film pecahan pertama yang akan ada kelanjutan ceritanya. Sehingga, sanggup dibilang selesai ini dinilai “nanggung”, namun cukup menciptakan ingin tau banyak orang.Pda kisah Dilanbanayak digemari kalangan remaja dan cukup umur mereka sangat antusias untuk menontonnya, alasannya ialah teringat kenangan di masa muda tepatnya tahun 1990.-an.


2. Contoh Teks Ulasan Buku


 pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas mengenai  Contoh Teks Ulasan
Ulasan Buku

Identitas Buku



  1. Judul Buku :Cinta Brontosaurus

  2. Pengarang : Raditya Dika

  3. Genre : Komedi, Percintaan

  4. Penerbit : Gagas Media

  5. Tahun Terbit : 2006

  6. Tebal Buku : 160 Halaman.


2. Sinopsis Buku


Dika merupakan seorang penulis yang terkenal dan terkenal akan rasa humornya. Dan ketika ini ia sedang  mengalami putus cinta pada kekasihnya yang berjulukan Nina. Semenjak Dika putus cinta, ia mulai percaya bahwa tidak ada yang abadi, bahkan cinta juga mempunyai kadaluarsa. Agar lebih yakin bahwa cintanya akan kembali kosasih sebagai distributor nya menunjukkan semangat. Usaha yang dilakukan Kokasih ini, membawa Dika ke dalam serangkaian perkenalan dengan orang-orang baru.


Tetapi, yang namanya cinta tiba tanpa adanya persiapan. Seperti halnya ketika Dika bertemu dengan Jessica. Jessica ialah seorang perempuan yang mempunyai jalan pikiran yang aneh sama dengan Dika. pertanyaan  tentang “apa benar cinta sanggup kadaluarsa?” Lalu kemudia terbesit dalam fikirannya yang mana pada ketika itu semakin jauh mengenal jessica.


Ketertarikan Dika akan tawaran itu dan iapun memutuskan untuk menulis skrip film tersebut. Berbagai persoalan mulai timbul di tengah jalan. Yang mana Mr. Soe Lim mengubah naskah  yang telah Dika buat. Naskah tersebut diubah menjadi film horror yang sedang laris pada ketika itu. Buku yang berjudul “Cinta Brontosaurus” merupakan perjalanan Dika dalam memahami cinta, yang Dia dapatkan dari pengalamannya bersama Jessica, teman, dan juga dari keluarganya sendiri.


3. Penilaian



  • Tampilan : Buku “Cinta Brontosaurus” ini sangat menarik. Hal ini juga didukung dari tampilan di dalam nya, sehingga terlihat lebih ceria.

  • Isi : buku berisikan mulai dari komedi, kisah cinta, sampai kehidupan sehari-hari sang tokoh sangat gampang untuk dipahami.Karena Kisah yang ada sesuai dengan kehidupan remaja masa sekarang dan sangat menarik untuk di tonton.

  • Bahasa : yang ada didalam Buku ini tidak membosankan alasannya ialah bahasa yang digunakan menggunakan bahasa gaul seperti, loe, gue, dan lain sebagainya. Bahkan bahasa yang digunakan ini tidak meliputi Bahasa Indonesia yang baik perihal kehidupan remaja.

  • Kelebihan



  1. Dengan Tema yang digunakan pada buku ini membuata banyak peminat.

  2. Dalam Buku ini banyak menuliskan dongeng kelucuan yang mengundang tawa.



  • Kekurangan



  1. Pada dongeng buku ini dinilai sangat Nanggung yang  menciptakan orang menjadi penasaran.

  2. Terdapat perkataan yang agak vulgar tidak disensor.


4. Kesimpulan


Pada dasarnya,Kisah dalam Buku Cinta Brontosaurus ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi,Pada masih terdapat daya tarik yang sangat besar. Sebab seorang penulisnya sangat terkenal .


Demikianlah bahan pembahasan kali ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat serta sanggup menambah wawasan kita semua.


Artikel Lainnya:





Advertisement

Iklan Sidebar