Info Terbaru 2022

Contoh Karangan Narasi

Contoh Karangan Narasi
Contoh Karangan Narasi

ContohSoal.co.id – Apa yang dimaksud dengan narasi?? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai contoh paragraf deduktif. Pada bahan kali ini akan kita bahas mengenai teladan karangan narasi, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.


Pengertian Karangan Narasi


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Karangan Narasi
Contoh karangan narasi

Narasi merupakan sebuah karangan yang mengisahkan atau menerangkan dengan rinci dan lengkap perihal suatu kejadian atau kejadian dan didasarkan dengan kronologi atau urutan waktu.


Dalam teks narasi terdapat dua kejadian yakni, suatu kejadian yang nyata, dan kedua yakni sekedar sebuah karangan atau imajinasi.


Ciri-Ciri Karangan Narasi









































NoCiri – Ciri Karangan Narasi
1Terkesan lebih cenderung memunculkan unsur-unsur sebuah perbuatan & juga sebuah tindakan
2Terangkai dalam suatu urutan waktu yang jelas
3Susunan lebih ditekankan secara kronologis
4Kebanyakan lebih mengarah kepada sebuah jawaban perihal apa yang sebetulnya sedang terjadi
5Kebanyakan lebih bercerita mengenai pengalaman seorang penulis
6Terdapat banyaknya sebuah konfliks. Jika tanpa adanya sebuah konfliks, narasi cenderung akan menjadi kurang menarik
7Kebanyakan lebih berupa suatu hal yang konkret (Fiksi) namun terkadang bisa saja berupa non fiksi atau gabungan antara kedua hal tersebut
8Memiliki suatu nilai estetika, yang artinya yakni penulis lebih dibebaskan untuk mengekspresikan sebuah kreatifitas pemilihan gaya bahasa atau lisan ( Diksi ).

 


Contoh Karangan Narasi


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Karangan Narasi


Simak berikut ini:


Contoh Karangan Narasi Tentang Pendidikan




Belajar tidak selamanya di sekolah. Mind-set masyarakat perihal berguru di sekolah sudah begitu menempel dan berakar sehingga kalau tidak di sekolah maka tidak disebut belajar. Konstruksi sosial menyerupai itu yang seharusnya dihilangkan dari budaya sosial kita. Belajar bisa dilakukan dimana pun dan kapanpun. Belajar tidak melulu melibatkan guru dengan murid.


Penelitian menandakan bahwa seseorang yang berguru secara otodidak, tanpa seorang guru yang mengajarkan, akan mempunyai kemampuan dalam menguasai pelajaran lebih dalam daripada seseorang yang berguru di bawah tekanan seorang guru atau pengajar. Selain itu, seseorang yang berguru secara santai di luar ruangan sekolah, artinya mereka berguru dengan alam sembari menikmati waktu bersantai akan lebih menguatkan ingatan daripada seseorang yang hanya menyaksikan papan tulis dan mendengar klarifikasi guru.




 


Contoh Karangan Narasi Tentang Lingkungan




Ketika telah tiba ekspresi dominan hujan, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan biar nyamuk penyebab demam berdarah tidak berkembang biak. Cara menjaga lingkungan biar tetap higienis yakni memulai dari dalam rumah. Tutup semua gentong penyimpanan air dan kuras genangan yang terdapat di rumah kita periksa semua ruangan rumah yang berpotensi sebagai daerah berkembang biaknya jentik nyamuk.


Lalu di ruangan gelap serta lembab lainnya. maka oleh lantaran itu penting untuk kita untuk sanggup membersihkan genangan air dalam kolam mandi, genangan air bekas mencuci piring, dan air di dalam akuarium kalau mempunyai akuarium hias di rumah. Selain itu masakan bekas juga berpotensi menarik perhatian nyamuk.


Dengan cara sederhana tersebut diharapkan sanggup membantu dalam mengurangi populasi nyamuk yang begitu cepat disaat ekspresi dominan hujan dan mengurangi risiko terjangkit penyakit demam berdarah jawaban gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Selain itu, rumah yang higienis dan rapi juga menambah kenyamanan para penghuninya.




 


Contoh Karangan Narasi Liburan Sekolah



Liburan Sekolah di Rumah Membantu Ibu


liburan semester yang lalu,saya tidak pergi kemana-mana. saya hanya di rumah saja dan melaksanakan kegiatan saya menyerupai biasa kecuali pergi ke sekolah.


Kegiatan saya di rumah hanya  membantu ibu saya menciptakan masakan ringan manis untuk tahun baru. Ketika saya membantu ibu,saya terlalu usang memanggang masakan ringan manis sehingga kuenya gosong. Akibat hal tersebut lantas ibu murka terhadap saya dan  kemudian saya mencoba menciptakan masakan ringan manis lagi dengan penuh kehati-hatian biar hasil nya baik. Saya menciptakan masakan ringan manis dibantu oleh sepupu” yang kebetulan pada dikala itu ia sedang berkunjung kerumah kami guna ingin berguru juga untuk menciptakan kue. pada dikala itu rasa aib mengiringi saya tatkala sepupu menertawai saya jawaban ibu memarahi saya , tapi saya senang lantaran ia jadinya membantu saya sehingga hasil masakan ringan manis yang berikutnya begitu sempurna. Lalu kemudian sesudah selesai menciptakan kue,kami membersihkan semua seisi rumah,mencuci piring dan menyapu halaman. Waktu liburan ini terasa menyenangkan lantaran semua hal saya lakukan bersama sepupu saya.



 


Contoh Karangan Narasi Fiksi




Saya tersenyum sembari mengayunkan langkah. Hembusan angin terasa menerpa, menciptakan seluruh tubuhku terbujur kaku . Ku letakan dua tangan didalam saku, mencoba memerangi rasa hambar yang demikian menyiksa.


Kobaran api dari kayu cadar yang terbakar seolah membentuk sebuah kedaluwarsa yang begitu menghangatkan ku hasrat yang kian bertambah tatkala Eriza menyambutku dan membukakan pintu. Apa bila ku telah kembali ke tanah air tentunya kedaluwarsa ini akan ku rindukan. Begitupun dengan wajah cantiknya Eriza ?


Serasa begitu kerasnya hentakan jantung ini hingga terasa didalam dada, tetapi ku coba untuk menghindarinya. Ingatlah, bowo, ucap hati kecilku, jangan biarkan hatimu terbagi. Ada ratri, yang selalu menanti kepulanganmu dengan seluruh cintanya.



 


Contoh Karangan Narasi Tentang Pengalaman Pribadi Singkat



Pada Bulan Maret, tanggal 7 di sekolahku akan memasuki masa libur dan akan berakhir pada tanggal 18 Maret. Kami sekeluarga tidak menyipkan liburan. Ketika itu saya menentukan berlibur ke Pantai Parangtritis.Dan keesokan harinya saya mempersiapkan segalanya perbekalan yang nantinya diperlukan. Sepanjang perjalanan, saya iringi dengan nyanyian lagu riang. Betapa senangnya saya ketika hingga di pantai tersebut. Dengan semua pemndangannya yang menawan . Lalu kemudian sesampainya disana kami keluargaku saling berfoto-foto untuk mengabadikan momen yang indah ini. waktu berlalu begitu cepat tak terasa berjam-jam telah kuhabiskan disana. Perpisahan pun terjadi ketika hari beranjak sore . Tak rela rasanya kebahagiaan ini jadinya selesai. Dalam benakku, saya kan kembali esok.



 


Contoh Karangan Narasi Tentang Kesehatan




Dani sangat bersemangat sekali dalam berolahraga. Karena begitu semangat , Olahraga tersebut dilakukannya setiap hari , dimulai dari olahraga ringan menyerupai jogging, hingga olahraga ekstrim menyerupai terjung lenting (bungee jumping). Namu pada suatu hari dani terkena penyaakit yang dimana ia harus menghentikan semua acara olahraganya lantaran ia mencicipi sakit yang teramat parah di penggalan sendi dan ototnya, hingga ia kesulitan untuk bergerak ke sana kemari. Kemudian ibunya dani menelfon dokter biar tiba ke rumahnya. Hasil dari investigasi tersebut ternyata rasa sakit dani disebabkan oleh  ia terlalu sering berolahraga. Dokter pun jadinya menawarkan obat khusus kepada Dani dan meminta supaya Dani tidak terlalu sering olahraga. Adapun bila kau ingin berolah raga”, ucap dokter ,” ,saya anjurkan melaksanakan olahraga yang ringan namun rutin dilakukan, olahraga rutin juga bisa menciptakan kesehatan badan lebih terjaga dengan baik. Pada dikala itu juga dani mengurangi rutinitas olahraganya yang berlebih tersebut. Kini, Dani hanya melaksanakan olahraga jogging setiap dua ahad sekali.



Demikianlah bahan teladan karangan narasi Singkat pendidikan, kesehatan dan liburan kali ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat serta sanggup menambah ilmu pengetahuan kita semua.


Artikel Lainnya:




Advertisement

Iklan Sidebar